Arsip Hasil Lomba


Gallery


Polls

Manakah yang lebih penting dalam memilih indukan?
 

MBM

ppmbsi_mbm172.gif

Login


Members Online

None

Selamat datang di Forum Merpati Balap Mania!

Dimana para penggemar merpati balap seantero nusantara berkumpul guyup saling sharing ilmu dan info demi memajukan hobi andhokan ini.

PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

SALAM MERPATI,
SAYA PENGHOBY MERPATIBALAP (MB) PEMULA
dewasa ini  saya sering shering sesama penghoby dan peterbak MB. mengenai pemberian nutrisi, jamu atau obat obatan pada MB. dan kesimpulannya ternyata setiap penghoby atau peternak MB mempunyai resep yang masing masing yang mereka yakini. namun ada beberapa permasalahan yang mesti saya diskusikan ,
diantaranya :
1. apakah pemberian nutrisi, jamu atau obat obatan. pada MB harus disesuaikan dengan cuaca (suhu) dimna MB itu berada? sebgai contoh MB yang berada di daerah yang suhunya dingin disamakan atau tida pemberian obat, jamu atau nutrisi nya dengan MB yang berada di tempat yang suhunya panas.
2. hampir setiap[ petenak atau penghoby MB memberikan nutrisi jamu atau obat obatan yang biasa dipakai oleh manusia dengan dosis yang sama dengan manusia dewasa atau anak anak. seperti natire e, b komplek, kalk bahkan parasetamol.
apakah pemberian obat obatan tsb tidak akan menyebabkan ketergantungan (untuk suplemen) pada kinerja MB,  dan menyebabkan keruksakan pada jaringan organ dalam pemakaian jangka panjang. sebab berdasarkan analisa saya , dosis pemakaian obat obatan pada manusia , 1(satu tablet) berbanding berat badan30 s/d 80 kg, sedangkan burung MB hanya mempunyai bobot 0.5 s/d 1.2 kg.
(realita di lapangan saya pernah memberikan obat sakit kepala pada burung yang kelihatannya sakit dan alhamdilillah burung tsb kelenger tak lama kemudian mati hehehehehe)
saya harap kepada rekan rekan untuk bisa memberi masukan terhadap permasalahan diatas. sebagai pembelajaran kepada penghoby pemula seperti saya khususnya dan sebagai bahan pertimbangan untuk penghoby yang berpengalaman, atas masukannya saya haturkan rasa hormat dan terimakasih yang sedalam dalamnya.

BAP Bekasi
Piyik
ranks
useravatar
Offline
17 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

Saya coba sharing Mas.
Pemberian obat2an atau jamu untuk manusia kepada Merpati Balap pendapat saya kayaknya hanya coba2, karena kandungan yang terdapat dalam jamu / obat2an tersebut terbukti bermanfaat untuk manusia.
Faktor yang utama masalah Dana, karena kalau obat2an khusus untuk Merpati apalagi produk import harganya cukup mahal bagi sebagian besar penggemar merpati (kecuali team2 besar).
Kalau saya hanya menggunakan jamu dari tumbuhan tradisonal yang biasa dipakai manusia misal :
Temu Kunci, Temulawak, Temu ireng, Kunir, ubi rumput teki, kuning telur (bebek/ayam kampung), madu dan kalau ada sarang burung walet.
Sedangkan Vitamon / obat2an lainnya kebanyakan pakai produk Medion karena terjangkau oleh kantong (Vitplek, Trimizyn, Tetrachlor dll), untuk Prebiotik saya kasih Prebiotik Merk Alami untuk burung merpati, tambahaan Multi Vitamin saya kasih Apialis drop u/ bayi cukup 2 tetes ditempat minum 2x seminggu.
Alhamdulillah walau cuma pakai tanaman tradisional dan Produk lokal burung saya sehat wal afiat mulai tahun 2002 s/d saat ini belum pernah kena penyakit yang serius, padahal teman2 di Sidoarjo yang menggunakan produk import kadang satu kandang habis kena penyakit.
Mungkin itu sekedar pengalaman saya menggunakan tanaman tradisional + produk lokal tapi ternyata bermanfaat, dan mudah2an bermanfaat bagi orang lain juga.

paijo
Pembalap Muda
ranks
useravatar
Offline
66 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

Ada 3 topik sekaligus nih: 1) JAMU 2) OBAT2AN 3) NUTRISI
Saya mencoba urun rembug untuk topik no 1.
Jamu.......
Selalu menjadi bahan pembicaraan yang menarik di kalangan penggemar merpati balap...dan menjadi topik yang tidak ada habisnya.
Kalau dalam istilah lain adalah Racing Supplement.
Jamu burung mulai dikenal di kalangan merpati balap di tahun 80an. Harus diakui bahwa penggemar asal madura adalah yang memperkenalkan penggunaan jamu untuk merpati balap.
Fungsi jamu pada dasarnya adalah: MENJAGA STAMINA AGAR PERFORMA TETAP STABIL ATAU TAHAN LAMA.
Ibarat motor balap, mesin dijaga agar tetap bisa digeber maksimal sampai putaran berakhir.
Fenomena yang sama berlaku untuk burung merpati balap. Jamu digunakan bertujuan untuk menjaga stamina burung kita tahan lama, sehingga kecepatan maksimalnya tetap bisa dicapai berulang-ulang.
Namun banyak penggemar yang salah kaprah, sehingga beranggapan bahwa Jamu akan meningkatkan kecepatan burung. Itu yang kurang tepat.
Kalau burung kita mempunyai kecepatan 90, dengan diberikan jamu yang cocok maka akan bisa terbang dengan kecepatan 90 sampai misalnya 4-5 terbangan. Tanpa jamu, maka burung bisa terbang dengan kec 90 hanya 1-2 terbangan, setelah itu drop karena kelelahan sehingga kec menurun menjadi 80 dst.
Topik ini selalu menarik dibahas karena pendapat orang mengenai jamu akan bermacam-macam, seperti: Jenis bahan untuk ramuan, Komposisi, dst.

Farel
Piyik
ranks
useravatar
Offline
10 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

saya setuju dengan bos farel, jamu atau obat2tan hanya sebagai penjaga stamina saja, untuk kecepatan dan karakter burung saya kira bawaan bawaan burung dari sanaNya.
Dari segi latihanpun saya kira juga tidak menambah kecepatannya mungkin hanya sudah hapal tempat dan mapan serta terbentuknya ototnya.

bmerpati
Piyik
ranks
useravatar
Offline
40 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

Mas Farel... komposisi bahan2nya apa saja mas.... untuk MENJAGA STAMINA AGAR PERFORMA TETAP STABIL ATAU TAHAN LAMA

obsesi
Telor
ranks
useravatar
Offline
4 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

Pemberian jamu memang sebaiknya disesuaikan dgn iklim dimana burung tsb tinggal, tetapi seperti yg kita ketahuai, kita memberikan jamu berdasarkan kira2 dan coba2 kecuali pemain yg sudah yakin benar dengan jamu buatannya. Karena memang sampai saat ini tdk ada keterangan baku yg menjelaskan komposisi mana yg terbaik dlm membuat jamu dan jamu yg seperti apa yg baik untuk iklim2 tertentu. Jdnya sampai sekarang kita hanya menduga2 dan mengira2nya.

Untuk pemberian obat maupun vitamin/suplemen kebanyakan kita hanya mencoba2 saja dgn memberikan obat manusia kepada burung, tetapi setau sy pemberian obat itu tdk disamakan dgn dosis manusia, tetapi dikira2 sesuai unutk burung.

Fixious
Piyik
ranks
useravatar
Offline
37 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

untuk urusan komposisi....
Wah ini yang juga jadi topik menarik.
Ada yang bilang rahasia dapur....ada yang bilang itu....ada yang bilang ini...
Kita khan sudah di zaman sekarang, informasi serba terbuka,  bisa dicari di media apa saja.
Fungsi apa saja obat2an tradisional seperti: Kunir Putih, Kunir Kuning, Temu Ireng, Kunci, Temu Teki, Kencur, dan sebagainya
Sebaiknya dipelajari sendiri, masing2 lah, karena tidak lepas dari eksperimen atau uji coba.

Kalau saya, penjamuan ada 2 macam: Waktu Istirahat dan Waktu Terbang.
Sama seperti obat2an/racing suplement yang dijual di pasaran, khan ada 2 macam, waktu Nesting period dan Racing period.
Sama seperti olahragawan saja, kalau lagi bertanding tidak diperkenankan minum supplement yang bersifat panas, karena nafas atau tenaga cenderung drop. Khan belum pernah lihat pemain badminton ketika bertanding minum wedang jahe.....?!
Ketika istirahat setelah bertanding, maka akan minum supplement/jamu yang menghangatkan badan supaya tubuh dapat beristirahat dan bisa pulih karena waktu istirahat yang cukup.

Begitu kira-kira, tapi sekali lagi ini dari saya loh....belum tentu bener.

Farel
Piyik
ranks
useravatar
Offline
10 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

betul mas yayang,,,,,ketemu lagi.....klo bisa rahasia dapur nya di bagi dong,,,,dikit aja...ga usah semuanya....3/4 aja ga papa.2......hehe... ma kasih

mahardikabf
Pembalap Muda
ranks
useravatar
Offline
84 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

walah......
ini dia....kita hanya sebatas diskusi ya....tukar pikiran....bukan menggurui atau sok pinter loh.

Semuanya berdasarkan apa pengalaman saya saja, jadi jangan ditiru atau diperdebatkan kalo tidak setuju......demokrasi ni

Jamu burung utk terbang/racing period:
Jangan pakai bahan2 yang mengandung bahan yang memberikan efek eksotermis atau panas.
Yang kita butuhkan adalah bagaimana cara cooling down/pendinginan tubuh agar stamina/energi kembali seperti sediakala dalam waktu cepat.
Seperti olahragawan, selalu disediakan minuman dingin ketika sedang bertanding.
Bila perlu berikan tambahan cairan electrolyt utk membantu menggantikan ion2 yang hilang.

Sebelum ada yang membandingkan dengan sistem penjamuan metode daerah tertentu di Indonesia, dimana bahan2 yang dipakai menggunakan bahan2 yang memberikan efek panas seperti pateng, ginseng, kencur, bonggol buah nanas dsb. Hal itu pernah diterapkan oleh mania balap pada umumnya di era 80-90an. Kenapa?? Karena alasan2 berikut:
1. Burung diberikan efek panas supaya suhu tubuh cepat naik, sehingga sirkulasi darah cepat yg memberikan efek giring yang bagus, semangat yang bagus. Coba bandingkan dengan manusia, jamu2/supplemen utk meningkatkan gairah semuanya mengandung efek panas, sehingga cepet "on".
2. Pada zaman itu, lomba dimulai paling cepat jam 2-3 sore. Sehingga burung dibuat cepat panas.
3. Pada era tersebut, jarak lepas burung sekitar 700-800 meter saja, atau bahkan ada yang cuman 500-600 meter.
4. Pada zaman tersebut lomba nasional tidak seketat sekarang, dari segi jumlah peserta maupun jenis lombanya. Jumlah peserta kalo sudah 100 ekor itu sudah rekor. Terus juga hari Jumat & Sabtu tidak ada galatama. Jadi yang namanya lomba cuman hari Minggu saja. Maka tidak jarang orang datang dari luar kota hari Sabtu pagi, dilatih di lapangan Sabtu sore terus diadu besoknya. Hari Jumat & Sabtu biasanya dipakai untuk "tantangan" atau "tarohan".

Penjelasannya:
1. Pemberian efek panas (bahkan ada yang pakai potongan daging kambing) akan membuat burung semangat terbang tapi efek sampingnya tenaga jadi cepet drop. Kalau dulu tidak masalah karena peserta lomba tidak banyak dan jarak yang relatif pendek.
2. Sekarang lomba dimulai pukul 12 siang. Peserta diatas 150 burung (dibawah 100 ekor akan dibilang lomba tidak sukses).
3. Jarak lomba minimal 1000 meter. Dengan jumlah terbangan yang minimal 6-8 kali sampai juara, maka diperlukan pemulihan tenaga yang cepat.
4. Selain jumlah peserta. Burung sekarang sudah diadu dari hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Begitu kira2 dari saya.
Salam Balap Mania

Farel
Piyik
ranks
useravatar
Offline
10 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Re: PEMBERIAN JAMU . OBAT OBATAN DAN NUTRISI

betul mas...bisa dijadikan  sebagai referensi...dalam merawat dan melatih brg....trims

mahardikabf
Pembalap Muda
ranks
useravatar
Offline
84 Posts
User info in posts
Administrator has disabled public posting

Board Info

Board Stats:
 
Total Topics:
104
Total Polls:
0
Total Posts:
1533
Dormant:
User Info:
 
Total Users:
212
Newest User:
Qnoytvkc


Forum Legend:

 Topic
 New
 Locked
 Sticky
 Active
 New/Active
 New/Locked
 New Sticky
 Locked/Active
 Active/Sticky
 Sticky/Locked
 Sticky/Active/Locked
1